Hp Samsung merupakan salah satu merek ponsel yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. 


Namun, tidak jarang pengguna hp Samsung mengalami masalah seperti tidak bisa di charge dalam keadaan mati.


Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat khawatir. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?


Penyebab hp Samsung tidak bisa di charge dalam keadaan mati bisa bermacam-macam, mulai dari kerusakan pada charger, baterai, port USB, hingga perangkat lunak.


Untuk mengetahui penyebab pastinya, anda perlu melakukan beberapa langkah pengecekan dan pemecahan masalah. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa anda coba²¹:


Berikut Cara mengatasi hp Samsung tidak bisa di charger


1. Ganti Charger Hp Samsung Anda

Yang pertama untuk mengatasi hp samsung tidak bisa di charge dalam keadaan mati adalah anda bisa mengganti terlebih dahulu charger, siapa tahu dengan menggantinya hp samsung anda bisa dicas.


Karena bisa jadi pada charger sebelumnya sudah mengalami kerusakan atau error sehingga tidak bisa mengissi dengan sempurna.


Anda bisa mencoba menggunakan charger lain yang masih berfungsi dan sesuai dengan spesifikasi hp Samsung anda. Pastikan kabel dan adaptor terhubung dengan baik dan tidak ada debu atau kotoran yang menghalangi.


2. Melakukan Pengecekan Baterai

Berikutnya solusi hp samsung tidak bisa di charge dalam keadaan mati adalah dengan melakukan pengecekan baterai, diaman pengecekan tersebut berguna agar anda mengetahui keadaan dari baterai hp samsung anda.


Dengan begitu anda akan lebih mengetahi penyebab dan solusinya seperti baterai sudah mengalami kembung, dan kerusakan-kerusakan baterai lainya.


Anda bisa melepas baterai jika hp Samsung anda menggunakan baterai lepas, lalu periksa apakah ada kerusakan fisik seperti kembung, pecah, atau bocor. Jika ada, segera ganti dengan baterai baru yang sesuai.


Jika hp Samsung anda menggunakan baterai tanam, anda bisa mencoba menekan tombol power selama 5-7 detik untuk memulai ulang ponsel.


Baca juga: Cara Download Film di Telegram dengan Mudah dan Gratis


3. Cek Bagian Port USB

Port USB adalah bagian yang menghubungkan charger dengan hp Samsung anda. Jika port USB rusak atau kotor, maka proses pengisian daya tidak akan berjalan dengan baik.


Oleh karena itu, anda perlu memeriksa kondisi port USB pada hp Samsung anda¹. Anda bisa membersihkannya dengan hati-hati menggunakan tusuk gigi atau alat lain yang kecil dan tajam untuk mengeluarkan debu atau kotoran yang menempel.


Anda juga bisa mencoba menggoyang-goyangkan kabel saat terhubung dengan port USB untuk melihat apakah ada kontak yang longgar.


4. Melakukan Flashing Ulang

Flashing ulang adalah proses menginstal ulang sistem operasi pada hp Samsung anda. Hal ini berguna untuk memperbaiki masalah perangkat lunak yang mungkin menyebabkan hp Samsung anda tidak bisa di charge dalam keadaan mati.


Namun, sebelum melakukan flashing ulang, pastikan anda sudah membackup data penting anda karena proses ini akan menghapus semua data pada ponsel. Anda juga perlu menyiapkan komputer dan kabel USB yang berfungsi baik untuk melakukan flashing ulang.


Anda bisa mengikuti panduan flashing ulang sesuai dengan tipe hp Samsung anda di internet.


5. Bawa Ke Tempat Service

Jika semua solusi di atas masih belum berhasil, maka kemungkinan besar ada kerusakan parah pada komponen hardware atau software pada hp Samsung anda.


Untuk itu, langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah membawa hp Samsung anda ke tempat service resmi atau terpercaya

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar yang relevan, komentar melalui moderasi dan mohon maaf untuk komentar berupa link aktif tidak akan ditampilkan.

Beri centang NOTIFY ME agar sobat tahu kalau komentar sudah kami balas

~ Selamat berkunjung di Blog kami ~