Duh ribet banget buat judulnya, bingung mau gimana biar bisa mewakili masalah sobat pengguna Android

Jadi gini aja saya buat studi kasus biar mudah dipahami

Dari pengalaman saya menggunakan HP android, yang awalnya bisa buat internet semuanya lah. Mulai dari browsing baca-baca artikel. Buka google chrome lancar tidak ada kendala

Permasalahan tiba-tiba muncul setelah saya mengganti kartu baru. Kartu paket yang baru aku beli. Kartu baru tidak bisa buat internet padahal kuota masih banya
HP Android Tidak bisa Browsing Tapi Bisa buat Chatting dan Sosmed
Lah, kenapa kok bisa? Ternyata kartunya belum aku registrasi hehe

Barulah mulai aku registrasi kartu SIM dan berhasil

Sudah, dan digunakan untuk chatting WhatsApp, aplikasi mediso sosial semua sudah on lancar tanpa kendala

Seperti biasa, saya pun membuka google chrome buat baca-baca artikel. Dan masalah mulai muncul. Ternyata tidak bisa digunakan untuk internet seperti tidak ada koneksi

Kok bisa terjadi? HP tidak bisa internet tapi chating dan buka media sosial bisa. Setelah otak atik barulah ketemu permasalahannya

Berikut ini cara mengatasi HP android tidak bisa Internet tapi bisa untuk chatting dan buka Facebook, Youtube dan aplikasi sosial media lainnya

Cara perbaiki android tidak bisa internet

Untuk kasus seperti diatas, karena saya menggunakan kartu baru dan paketan masih banyak. Jadi tidak perlu melakukan cek kuota

Tapi, tidak ada salahnya untuk sobat melakukan cek kuota terlebih dulu sesuai kartu yang digunakan

Karena ada sebagian kartu yang membagi-bagi kuota khusus untuk aplikasi sosmed dan ada kuota untuk browsing ( Kuota reguler )

Jadi langkah awal cek dulu kuota soba, jika masih banyak lanjut ke pengaturan sebagai berikut ini

Periksa kualitas jaringan internet HP android sobat, karena untuk browsing buka web ada juga yang butuh koneksi internet cepat


Ternyata koneksi lancar aman bisa cepat

Sobat bisa lanjut ke tahap selanjutnya untuk melakukan cek pada bagian APN. Karena bagian ini cukup penting untuk HP android agar bisa terhubung ke internet

Berikut ini cara cek dan mengatur APN di HP android

Buka pengaturan dan cari jaringan nanti akan masuk ke menu pengaturan jaringan seperti gambar di bawah ini

Seperti gambar diatas, menu untuk mengatur jaringan pada APN. Bisa saja tiap HP android berbeda tempat atau menunya

Sebagai contoh, saya menggunakan HP Samsung. Jika sobat menggunakan HP Android lain bisa mencarinya

Lanjut, jika sudah sobat buka menu diatas. nanti akan masuk ke menu sebagai berikut ini
Pada menu Access Point Names, atau biasanya disebut APN. Sobat bisa mengatur manual dan bisa juga secara otomatis

Untuk mengatur secara otomatis bisa dengan cara melakukan reset APN seperti berikut ini
Ketuk pada bagian titik 3 yang sudah saya tandai seperti gambar diatas. nanti akan ada menu tulisan reset default

Dengan begitu nanti pengaturan APN akan kembali default atau kembali seperti pengaturan dari operator. Jika dengan cara diatas tidak bisa menyelesaikan masalah HP android tidak bisa internet tapi bisa membuka aplikasi chat

Ada yang salah dengan pengaturan APN. Berdasarkan pengalaman saya, ada bagian proxy yang perlu di atur.

Kemarin,. untuk menyelesaikan permasalahan HP android tidak bisa browsing tapi bisa untuk chatting. Saya menghapus pengaturan pada bagian proxy di pengaturan APN

Caranya, masih sama seperti diatas, pada gambar paling bawah ketuk saja salah satu APN yang aktif. Sebagai contoh diatas saya ketuk APN yang atas

Nanti akan keluar menu seperti gambar dibawah ini

Perhatikan pada gambar diatas, yang sudah saya tandai kotak merah. Silahkan kosongkan saja dan baru simpan

Selesai

Banyak yang baca: Cara Setting APN Indosat Ooredoo IM3 dan Mentari Terbaru

Nah, itulah pengalaman saya mengatasi HP android tidak bisa internet tapi bisa untuk buka aplikasi lain seperti chatting, media sosial

Semoga bisa membantu

7 Comments

Silahkan sampaikan komentar yang relevan, komentar melalui moderasi dan mohon maaf untuk komentar berupa link aktif tidak akan ditampilkan.

Beri centang NOTIFY ME agar sobat tahu kalau komentar sudah kami balas

~ Selamat berkunjung di Blog kami ~

  1. TERIMAKASIH banyak sangat membantu sekali.,

    ReplyDelete
  2. thank you, sangat membantu sekali :)

    ReplyDelete
  3. Makasih ya kak...membantu bangettt love you

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah
    Berkat bantuan dr blok ini, hp suami bisa dipakai browsing.. sampai udah ganta ganti kartu. Gak taunya proxy yg bermasalah. Terimakasih infonya. Sangat bermanfat

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah.......makasih infonya min. hpku sudah bisa berkat tipsnya

    ReplyDelete
  6. Sudah 20 hari hape teman saya gak bisa browsing, mungkin ini solusinya, malam akan saya coba oprek, siapa tahu ada imbalannya, atau malah gratisan saja wkwkwk .. Biasa teman seperti itu

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar yang relevan, komentar melalui moderasi dan mohon maaf untuk komentar berupa link aktif tidak akan ditampilkan.

Beri centang NOTIFY ME agar sobat tahu kalau komentar sudah kami balas

~ Selamat berkunjung di Blog kami ~